Kamis, 07 Juni 2012

Laporan Analisis Iklan XL HotRod 3G+ “Goyang Gayung”

PENDAHULUAN
Latar Belakang
Handphone saat ini bukan lagi sebuah barang mewah tapi sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi seseorang, hampir semua lapisan masyarakat mempunyai HP dari presiden, menteri, pilisi, mahasiswa, siswa SMA, SMP dan SD bahkan murid TK dan tukang becak sekalipun sudah memiliki HP. Namun teknologi tidak berhenti disini dalam melenakkan para penggunanya, HP yang awalnya hanya berfungsi sebagai pengirim dan penerima SMS atau penelepon dan yang menerima telepon, namun kini dengan sebuah benda kecil bernama handphone seseorang bisa mengakses internet 24 jam, mendownload dan mengupload foto atau video yang diinginkan. Karena itulah saat ini hampir semua perusahaan provider memberikan harga yang sangat murah untuk pulsa telepon, sms dan pulsa internet dan masih banyak lagi bonus-bonus yang sudah disiapkan perusahaan untuk pelanggan setianya.
Tujuan
Laporan ini disusun untuk menganalisa apa saja yang menarik dari iklan ini, bagaimana iklan ini dibuat, dan gangguan apa saja yang menghalangi tersampainya informasi dari pengirim ke penerima informasi.

PEMBAHASAN
Sinopsis Iklan “XL HotRod 3G + Goyang Gayung”
Iklan ini menceritakan tentang seorang laki-laki yang berusia sekitar 25an yang belum dapat kerja bernama Oji, yang mempunyai mimpi menjadi penyanyi namun suaranya sangat pas-pasan. Diawal iklan terdengar suara Oji yang “cempreng” ketika dia menyanyikan lagu Ayu Ting Ting yang sedang booming, “Kemana kemana kemana.”
Dan suara mak Oji, “ Oji mandi cari kerja!!”
“Nggak mau cari kerja Mak, Oji mau jadi penyanyi”
Karena Oji tidak segera beranjak mandi, mak Oji menggulung lengan bajunya ke atas bertanda bahwa dia sedang marah dan dia berteriak keras, “Mandiiiiiii” teriakan keras mak Oji membuat semua orang yang ada disekitar rumahnya berhenti beraktivitas sejenak dan menoleh ke arah sumber suara. “Nyanyi melulu, cari kerja sono” lanjut mak Oji, dan Oji menjawab dengan sekenanya, “Iye Mak,” sambil berjalan, mengalungkan handuk warna kuning di lehernya dan membawa gayung warna biru sambil garuk-garuk kepala. Dan dimulailah aksi Oji bernyanyi di kamar mandi sambil menggoyang-goyangkan gayungnya. Dan tanpa Oji sadari aksinya direkam oleh tetangganya yang sedang mencuci motor dengan HP Nexian. Tetangganya mengupload video Oji Goyang Gayung dengan kecepatan upload sangat cepat video itu tersebar di youtub dan langsung dilihat oleh  1.389.668 orang, dari orang yang sedang di bus, wanita yang pulang belanja, remaja yang sedang nongkrong, orang kantoran, mahasiswa dan hampir semua lapisan masyarakat melihat video Oji, dalam waktu sekejap viewernya sudah mencapai 1.677.576 orang. Dan goyang gayung ala Oji menjadi trend dikalangan senam ibu-ibu, iklan gayung di “seperti di TV” sampai orang dugem pun mengikuti goyang ala Oji ini.
Setelah Oji keluar dari kamar mandi, dia kaget karena dia sudah disambut begitu banyak orang dan reporter dari televisi, dengan wajah bingung sambil menggaruk-garuk kepalanya Oji semakin bingung dihadang banyak mikrofon dari beberapa media. Dan berita Oji pun masuk korang dengan judul “ Oji terkenal karena XL HotRod 3G+”.
Dengan durasi iklan sekitar satu menitan, XL ingin menyampaikan kepada para pelanggannya, target-target pasarnya dan kompetitornya kalau XL selangkah lebih maju, dengan kecepatan akses internet yang sangat cepat, XL mampu masuk kesemua lapisan masyarakat, dari orang yang tinggal di kampung, orang kantoran, mahasiswa sampai pemain sepakbola di lapangan hijau.
Proses Komunikasi
Pengirim
Iklan ini dibuat oleh perusahaan provider PT XL Axiata Tbk untuk mempromosikan XL HotRot 3G+
Enkoding



XL sangat khas dengan warna biru, warna biru juga yang mendominasi iklan XL HotRod 3G+. Gerobak penjual sayur, jendela rumah Oji, truk yang diparkir di samping rumah, celana pendek Oji, background iklan gayung dan yang jelas warna gayung fenomenal Oji juga berwarna biru. XL ingin memberitahu bahwa tanpa kita sadari warna biru khas XL ada disetiap item-item kecil yang kita gunakan setiap hari dan yang kita lihat setiap hari dan XL ingin setiap kita ingat warna biru maka kita akan ingat XL, setiap kita ingat gayung kita ingat XL.
Mediator
PT XL Axiata Tbk memanfaatkan televisi sebagai sarana untuk mempromosikan produk barunya. Pihak XL menilai bahwa berani memasang iklan di televisi sangat ampuh untuk menyerang target pasar, meski biaya yang dibutuhkan tidak sedikit namun respon dari target pasar akan mampu menutupi biaya operasinya, karena saat ini hampir setiap rumah memiliki televisi
Dekoding dan Umpan Balik
Di dalam iklan ini, XL sudah menyampaikan harapannya, mereka berharap masyarakat akan menerima layanan internet terbaru di XL. Sangat jelas terlihat di dalam iklan semua kalangan masyarakat ikut hanyut dalam trend baru yang diciptakan oleh XL yang disimbolkan dengan Oji dan Goyang Gayungnya. Itulah harapan XL, mendapat respon baik dari masyarakat atau minimal masyarakat memperhatikan dan mengetahui bahwa XL mempunyai produk baru berupa XL HotRod 3G+.
Noise
ü  Kompetitor XL, tidak menutup kemungkinan provider lain juga akan menjadikan Ayu Ting Ting sebagai ikon produknya untuk menyaingi XL
ü  Ada yang tidak logis dari iklan ini, terlihat ketika Oji dikenal banyak orang hanya dalam selang waktu beberapa menit, selama Oji mandi.
ü  Release iklan ini hampir bersamaan dengan penyelengaraan Sea Games tahun ini di Indonesia, iklan XL bisa kalah saing dengan iklan-iklan tentang Sea Games yang tentu lebih menarik perhatian masyarakat.
KESIMPULAN
PT XL Axiata Tbk cerdas dalam memanfaatkan hal-hal yang sedang booming saat ini, lagu Alamat Palsu milik Ayu Ting Ting yang dijadikan soundtracknya, proses terkenalnya Oji yang meniru fenomena Briptu Norman Kamaru yang terkenal karena videonya yang tersebar youtube dan goyang tangan di atas kepala yang diadaptasi dari goyang tangannya Sule yang notabene adalah seorag pelawak yang sangat fenomenal, jelas iklan XL HotRod 3G+ langsung menjadi bahan pembicaraan di tempat-tempat umum, terutama di sekolah-sekolah, kampus dan perkantoran.


#dilarang mengopast dan diselewengkan^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar