Senin, 09 April 2012

Revisi Tugas Analisi Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia

Peran Strategi SDM dalam Menghadapi Persaingan Global

1.    Topik
Manajamen Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi Pasar Bebas
2.    Abstraksi
Globalisasi menyebabkan terjadinya perdagangan bebas antarnegara di dunia menjadi semakin ketat, termasuk di Indonesia. Dalam menghadapi pesaingan pasar ini, pemerintah dan internal perusahaan diharuskan mempunyai langkah yang tepat untuk memenangkan persaingan dunia. Ditingkat makro, pemerintah perlu meningkatkan kompetensi SDM melalui program peningkatan mutu pendidikan. Sedang ditingkat mikro, perusahaan perlu mengadopsi visi, misi, dan strategi yang tepat yang didukung oleh strategi SDM dan budaya perusahaan yang tepat pula. Strategi SDM berkaitan dengan tiga aktivitas SDM, pengadaan, pemeliharaan dan pengembangan. Strategi dan perencanaan SDM perlu didukung oleh nilai-nilai kreativitas, layanan, continous learning dan inovatif. Konsep Learning Organization seharusnya diaplikasikan dan dikembangkan untuk mengantisipasi tantangan lingkungan internal dan eksternal.
3.    Teori
Dalam jurnal yang ditulis Andreas Budihardjo terdapat banyak teori-teori yang termuat pada chapter 1-7 dalam Human Resource Management edisi 10 karya Gary Dessler.
Analisis jurnal :
No.
Chapter
Penjelasan Materi
Kalimat dalam Jurnal
1.
CH2èpentingnya SDM
Sumber Daya Manusia (SDM) adalah faktor sentral dalam suatu organisasi.
Fakta menunjukkan bahwa peranan manusia dalam menunjang pengimplentasian suatu strategi perusahaan, SBU (Strategic Business Unit) maupun fungsional sangat penting dan menentukan.(halaman 2 par.3)
2.
Ch3èproses manajemen strategis
Proses identifikasi dan melaksanakan misi organisasi dengan cara menyesuaikan kemampuan perusahaan dengan tuntutan lingkungan.

Pada abad 21 ini pelaku bisnis harus mampu mengintegrasikan semua dimensi lingkungan hidup sebab masyarakat akan menuntut tanggung jawab perusahaan akan factor lingkungan tersebut. (halaman 3 par.1)
3.
Ch3èproses manajemen strategi
Manajemen Strategis: Proses identifikasi dan melaksanakan misi organisasi dengan cara menyesuaikan kemampuan perusahaan dengan tuntutan lingkungan.

Penentuan strategi manajemen SDM perlu memperhatikan dan mempertimbangkan misi, visi, serta strategi korporat,serta perlu dirumuskan secara logis,jelas dan aplikabel (halaman 4 par 2)
4.
Ch2èfungsi operasional MSDM
proses penarikan, seleksi, penempatan, orientasi, dan induksi untuk mendapatkan karyawan yang sesuai kebutuhan perusahaan (the right man on the right place).
Strategi SDM berkaitan antara lain dengan pembentukan suatu budaya perusahaan yang tepat, perencanaan SDM, mengaudit SDM baik dari segi kuantitatif maupun kualitatif, serta mencakup pula aktivistas SDM seperti pengadaan SDM (dari rekrutmen sampai pada seleksi),orientasi,pemeliharaan, pelatihan dan pengembangan SDM,penilaian SDM. (halaman 3-4 par.3)
5.
Ch6è Perencanaan Kebutuhan Tenaga Kerja

Dimaksudkan agar jumlah kebutuhan tenaga kerja masa kini dan masa depan sesuai dengan beban pekerjaan, kekosongan-kekosongan dapat dihindarkan dan semua pekerjaan dapat dilaksanakan &informasi dari faktor internal & eksternal perusahaan

Perusahaan perlu mengkaji dan menganalisis kebutuhan dan kesenjangan SDM terhadap strategi perusahaan masa kini dan masa mendatang (halaman 5 par.1)
6.
Ch2è Faktor Pendorong Pembentukan Integrasi yang Efektif
Kekuatan lingkngan yg sangat  berperan dalm persaingan yang semakin meningkat, perubahan teknologi,perub tng kerja
Karakteristik bisnis abad 21 yang seolah-olah dunia semakin tanpa batas akan ditandai dengan perdagangan dunia yang kompetitif, tuntutan pelanggan semakin tinggi, hak paten.... (halaman 5 par. 3)
7.
Ch5è Fungsi Pengadaan dan analisa jabatan
Pengadaan (procurement) merupakan fungsi operasional yang utama dari MSDM. Pengadaan tenaga-kerja ini merupakan masalah yang penting, sulit, & kompleks karena untuk mendapatkan dan menempatkan orang-orang yang kompeten, serasi serta efektif tidaklah semudah membeli & menempatkan mesin
Mendapatkan calon karyawan yang berkualitas dan profesional di Indonesia tidak selalu mudah. (halaman 3 par. 3)
8.
Ch5è Fungsi Pengadaan dan analisa jabatan
Kualitas dan kuantitas para tenaga-kerja juga harus disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan agar tujuan dapat tercapai secara efektif dan juga efisien

Prediksi SDM perlu dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif melalui penelitian SDM (halaman 9 par 1 poin 1)
9.
Ch7èSeleksi karyawan
Seleksi adalah suatu kegiatan pemilihan dan penentuan pelamar yang diterima atau ditolak untuk menjadi karyawan perusahaan. Seleksi ini didasarkan kepada spesifikasi tertentu dari setiap perusahaan bersangkutan

Rekrutmen dan seleksi harus berdasarkan pada kemampuan, kepribadian yang positif,.. (halaman 9 par 1 poin 2)

4.    Kesimpulan
Globalisasi membuka peluang terjadinya pasar bebas antarnegara baik ditingkat regional maupun internasional terbuka sangat lebar. Hal itu harus diwaspadai oleh perusahaan-perusahaan lokal agar tetap survise dalam pasar, karena kini kompetitor tidak hanya berasal dari dalam negeri namun juga internasional.
Strategi yang tepat juga sangat dibutuhkan oleh perusahaan, termasuk strategi sumber daya manusia yang mempunyai peran sentral dalam berjalannya sebuah perusahaan. Analisis pekerjaan yang dibuthkan dalam perusahaan, perencanaan SDM dan perekrutan menjadi hal yang harus diperhatikan perusahaan untuk mendapatkan SDM yang berkualitas yang akan mendorong perusahaan untuk mencapai tujuannya dan juga untuk bertahan dalam persaingan dunia.
Selain strategi yang tepat dari perusahaan, pemerintah harus turut andil dalam menyediakan SDM yang berkualitas, yang mampu bersaing dan siap bekerja dengan memperbaiki sistem pendidikan Indonesia yang menjadi landasan semua lembaga pendidikan di Indonesia.

5.    Saran
            Ditingkat makro seharusnya pemerintah menerapkan sistem pendidikan yang tepat, yang mengajarkan budaya jujur pada jiwa-jiwa masyarakatnya, yang tidak hanya berorientasi pada nilai, kekayaan dan kedudukan tapi juga mampu menanamkan kejujuran, pentingnya ilmu dan pengalaman. Ditingkat mikro, perusahaan harus mempunyai strategi yang tepat dengan tetap mempertimbangkan kapasitas para karyawannya dan berusaha mengembangkan serta meningkatkan keahlian karyawannya dengan pelatihan-pelatihan dan seminar-seminar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar